fbpx

Terancam Nggak Bisa Beli Rumah, Ini Alasan Milenial Perlu Belajar Investasi Sejak Dini



Emang kamu mau jadi gelandangan?

Sebagai kaum milenial, saat ini kamu dipandang sebagai salah satu aset negara dengan potensi SDM (Sumber Daya Manusia) terbaik sampai beberapa tahun ke depan lho. Pendidikanmu juga udah cukup baik untuk bisa sukses di usia muda. Tapi sebagai milenial, yang sekarang mendominasi kependudukan di Indonesia, ada baiknya kalo kamu sekarang mulai berinvestasi sejak dini. Daripada kamu nanti jadi gelandangan dalam beberapa tahun ke depan.

Ini Alasan Kenapa Milenial yang Hobi Jalan Kaki Lebih Pintar Daripada yang Suka Naik Kendaraan

Menurut survey yang dilakukan Rumah123 akhir 2016 lalu, diperkirakan cuma 5% dari generasi milenial yang bisa punya rumah. Mereka adalah orang yang punya penghasilan per tahun Rp 200 juta atau Rp 16 jutaan per bulannya. Harga tanah di Indonesia rata-rata udah mencapai 1.2 miliar seperti di daerah Bekasi. Padahal gaji rata-rata generasi milienial per bulan pun sekitar Rp 7.5 juta. Dengan gaji segitu, uangnya cuma bisa dipake buat nyicil rumah seharga Rp 300 juta di daerah pinggiran, Padahal, udah hampir nggak ada rumah lagi seharga Rp 300 jutaan yang cocok buat gaya hidup milenial yang up to date. Apartemen aja sekarang paling murah sekitar Rp 500 jutaan.

Yup, gaya hidup milenial sekarang ini emang terbilang boros. Dibandingin orang zaman dulu, anak milenial Gara-gara lebih mentingin gaya hidup, mereka lebih rela uangnya dihabiskan buat traveling, beli smartphone terbaru, nyobain kuliner di resto-resto yang tergolong mewah, beli mobil baru, dll. Padahal rumah ini harus diutamakan. Harga tiket traveling kan bisa naik turun, apalagi banyak promo diskon. Kalo rumah, harganya pasti naik terus, bahkan tingkat kenaikannya pernah mencapai 100% dalam setahun. Mindset seperti ini nih yang harus diubah.

Milenial sebaiknya mulai belajar investasi sejak dini, supaya bisa beli rumah.

Kenaikan inflasi dan kenaikan harga barang emang selalu jadi momok tiap tahun. Dulu, sepotong burger harganya cuma kisaran  Rp 14 ribuan di tahun 2000an, tapi sekarang harganya bisa mencapai Rp 50 ribuan. di tahun 2017. Berarti selama itu, terjadi kenaikan harga barang mencapai 198 persen. Buat kamu yang gajinya tetap, inflasi adalah bencana. 

Karena itu, milenial harus lebih paham gimana prinsip dasar investasi, bahkan sejak di bangku kuliah. Intinya, jangan tempatkan seluruh investasimu di satu "keranjang", tapi tempatkan di beberapa tempat agar aman. Selain itu, kamu juga harus waspada sama iming-iming promosi dengan harga murah atau janji yang bakal menghasilkan hasil yang tinggi. Kenali perusahaan yang menawarkan, dan cek izin perusahaan investasi tersebut biar kamu nggak tertipu investasi bodong.

Selagi muda, kamu masih punya waktu lho untuk menabung, karena lebih panjang jangka waktu menabungmu, maka hasilnya juga pasti akan lebih baik. Ayo mari berinvestasi sejak dini, supaya kamu nggak perlu lagi hidup menggelendang dengan beli rumah idaman. Nggak ada lagi istilah kamu nggak bisa beli properti selama masih gajian.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *