.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Hunian Cluster

Memiliki rumah memang menjadi dambaan setiap orang salah satunya kamu.

Untuk kamu yang berniat memiliki rumah namun terpatok harga dan menginginkan lingkungan yang ramah, mungkin hunian cluster akan menjadi pilihanmu.

Hunian cluster memang sedang marak dan berkembang pesat di Indonesia. Pasalnya,hunian cluster banyak menyediakan keunggulan dan juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Namun sebelum itu, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli hunian cluster. Hal-hal tersebut sebagai berikut.

Definisi dan Ciri Hunian Cluster

Apa itu cluster? Cluster adalah tipe perumahan yang hanya memiliki beberapa unit di dalam lokasi yang sama. Hunian cluster biasanya memiliki desain bangunan yang sama.

Jika berbeda pun, desain bangunan hanya akan dibedakan menjadi beberapa tipe saja tergantung ukuran luas tanah dan bangunan.

Hunian cluster adalah hunian yang biasanya dibangun tanpa memiliki pagar agar dapat terlihat luas dan dapat menjalin hubungan antar tetangga dengan baik.

Hunian cluster memiliki ciri yang biasanya hanya memiliki one gate system dalam artian hanya memiliki satu pintu keluar masuk gerbang. Hal tersebut tentunya akan lebih aman karena akan diawasi 24 jam oleh keamanan. 

Selain itu semua tamu atau seseorang yang mau mengunjungi rumah di dalam cluster di wajibkan untuk melapor ke petugas keamanan sehingga keamanan di dalam cluster sangat terjamin.

Keunggulan Custer

  1. Fasilitas Lengkap

Keunggulan pertama jika kamu memutuskan untuk membeli hunian cluster adalah dengan memiliki fasilitas yang lengkap.

Biasanya jika kamu membeli hunian cluster sudah dilengkapi dengan tempat ibadah, taman bermain dan tempat berolahraga. Dengan memiliki keamanan yang baik, fasilitas di cluster pun hanya bisa dipakai oleh penghuni saja dengan nyaman tanpa harus pergi jauh ke luar gerbang cluster.

Selain itu jika kamu membeli cluster di waktu yang tepat biasanya pada saat cluster tersebut baru saja dibuka akan memberikan banyak potongan harga juga promo. Selain itu fasilitas yang diberikan akan berupa AC atau TV LED di setiap rumah.

  1. Keamanan Terjamin

Seperti yang sudah disebutkan, karena hunian di dalam cluster hanya memiliki paling banyak sekitar 100-300 rumah saja, sehingga diberlakukan one gate system. 

Sehingga semua yang akan keluar dan masuk dari gerbang tersebut akan dengan mudah diketahui oleh petugas keamanan.

Selain itu jika ternyata yang memasuki hunian adalah orang lain atau bukan termasuk penghuni, harus wajib melapor kepada petugas keamanan agar keamanan di dalam cluster akan terjaga.

  1. Memiliki Nilai Investasi

Cluster biasanya dibangun di tempat yang strategis dengan lokasi yang berdekatan dengan sentral ekonomi, kawasan pendidikan juga pusat perbelanjaan.

Selain itu cluster pun memiliki akses yang biasanya berdekatan dengan jalan besar atau transportasi umum sehingga akan menambah nilai jual yang akan meningkat di setiap tahun.

Karena penjualannya yang singkat, hunian cluster pun bisa menjadi salah satu lahan investasi yang menguntungkan juga memiliki nilai jual yang tinggi

  1. Memiliki Jumlah Unit Yang Banyak

Cluster biasanya memiliki jumlah unit yang banyak di dalam salu lingkungan sehingga dengan begitu kamu akan banyak memiliki tetangga dan membuat lingkungan di sekitar rumah menjadi nyaman. Dengan memiliki tetangga, akan sangat mudah untuk tolong menolong. 

Selain itu dengan memiliki jumlah unit yang banyak, kamu tidak akan takut kehabisan dengan rumah yang kamu mendambakan.

Tips Memilih Hunian Cluster

Setelah mengetahui definisi cluster dan mengetahui keunggulan cluster. Berikut ini adalah  tips memilih hunian cluster yang harus diperhatikan. 

Hal ini sangat penting dilakukan karena untuk membeli sebuah hunian adalah sebuah pengeluaran dalam jumah yang banyak yang menjadi pertimbangan tujuan jangka panjang.

  1. Lokasi 

Lokasi adalah tips yang menjadi pertimbangan paling awal saat memilih cluster. Cluster yang biasanya memiliki lokasi yang strategis tentu saja mempunyai harga yang tinggi.

Semakin strategis lokasinya, maka harga cluster pun akan semakin tinggi.

Jika kamu terpaksa membeli cluster di pinggiran kota, maka biasanya harga cluster pun tidak akan begitu tinggi. Kamu tidak harus khawatir jika memiliki hunian cluster di pinggiran kota selama akses transportasi dan fasilitas memadai.

Selain itu kamu harus memastikan akses terdekat ke rumah sakit, kawasan pendidikan juga pusat perbelanjaan dilalui dengan akses yang mudah juga tidak memakan biaya transportasi yang terlalu mahal.

  1. Tipe dan Kondisi Rumah

Biasanya di dalam hunian cluster memiliki beberapa tipe rumah. Salah satu tips untuk memilihnya adalah menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jika kamu tinggal hanya bersama pasangan dan hanya membutuhkan 1 kamar tidur, kamu bisa memilih tipe 40 atau 45 yang memiliki 2 kamar tidur dengan 1 kamar mandi.

Namun jika kamu sudah memiliki anak, setidaknya kamu membutuhkan tipe rumah yang lebih besar.

Setelah memilih tipe rumah pun kamu harus memastikan rumah dalam keadaan yang baik. Kamu harus memastikan bagian-bagian krusial di rumah seperti bagian  material dinding, atap, lantai, aliran air, pembuangan, sambungan listrik, sirkulasi udara, pencahayaan yang masuk ke rumah dan sebagainya.

Kamu pun sebaiknya mengunjungi rumah yang ingin kamu beli terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi asli dari rumah tersebut.

  1. Pahami Pengembang Cluster

Sebelum memutuskan membeli rumah cluster, lebih baik kamu mencari tahu perusahaan pengembang cluster yang ingin kamu beli.

Kamu bisa mempelajari pengembangan cluster yang kamu inginkan di situs resmi perusahaan agar kamu mendapatkan berbagai informasi mengenai rumah cluster yang mau kamu beli.

Kamu pun bisa memperhatikan perhatian perusahaan pengembangan cluster yang kamu pilih tidak memiliki catatan buruk agar tidak terdapat kesalahan transaksi pada saat pembelian rumah.

  1. Ketahui Karakteristik Lingkungan Cluster

Tinggal di hunian cluster berarti kamu akan memiliki banyak tetangga juga bertukar sapa dengan para tetangga. Hal tersebut tentu akan memudahkan untuk saling tolong menolong dan menjaga satu sama lain.

Selain kamu mengetahui karakteristik lingkungan tempat tinggal, kamu pun harus mengetahui lingkungan yang perlu dipertimbangkan terkait dengan bentuk bangunan, pemandangan, akses jalan masuk, lingkungan sekitar luar perumahan apakah memiliki lingkungan yang bersih, dan lain sebagainya.

  1. Konsultasi Dengan Agen Properti

Jika kamu kebingungan dengan informasi cluster yang ingin kamu beli, kamu bisa menghubungi agen properti dan melakukan konsultasi.

Selain dapat mempermudah untuk memberikan informasi serta referensi, agen properti juga dapat membantumu untuk memberikan akses potongan harga dan penawaran lainnya yang kamu butuhkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Haloo Selamat Datang di Website Kami Asbaland.com Rumah Tanpa Dp Cukup Booking 3 Juta Untuk Rumah 1 Lantai dan 5 Juta Untuk Rumah 2 Lantai Sampai Akad Loh !! Yuk Chat Admin Kami Sekarang